Gejala Kehamilan Minggu Pertama

Bookmark and Share
Gejala Kehamilan Minggu Pertama - Pada trimester pertama kehamilan, gejala yang biasa diketahui oleh Ibu hamil yaitu mual di pagi hari, kepala terasa berat, dan badan terasa kurang fit disaat menjalankan aktifitas. Hal itu di sebabkan karena hormon esterogen pada Ibu hamil yang sedang meningkat. Selain itu coba cek hormon kehamilan yang ada pada air seni menggunakan alat test pack yang bisa didapatkan di apotik, jika alat kehamilan tersebut menunjukkan tanda positif, berarti Anda sedang hamil. Selain itu ada beberapa gejala kehamilan di bawah ini untuk Anda ketahui.

Gejala Kehamilan Minggu Pertama

1. Berhentinya Haid/ Menstruasi
Anda harus bisa merasakan, berhentinya haid karena memang terjadi kehamilan atau bukan, sebagian besar wanita ketika hamil memang tidak mengalami siklus haid. Berhentinya haid bisa juga disebabkan karena penurunan berat badan berlebihan, ketegangan/ stress, kelelahan fisik, gangguan hormon, pil KB, atau menyusui.
2. Kelelahan Dan Mudah Mengantuk
Tak bersemangat dalam menjalankan aktifitas dan mudah mengantuk merupakan ciri wanita hamil. Hal ini diakibatkan karena meningkatnya hormon progesteron dalam tubuh. Setelah memasuki trimester kedua biasanya gejala kelelahan ini akan menghilang.
3.Payudara Berubah
Payudara semakin membesar dan terkadang terasa nyeri jika tersentuh, puting membesar, dan daerah aerola akan lebih gelap dari biasanya. Hal ini biasanya terjadi seminggu setelah terlambat haid.
4. Mual-Mual
Mual yang sering terjadi pada Ibu hamil adalah di saat pagi hari, kadang disertai muntah. Ibu hamil mengalami mual-mual sekitar satu bulan setelah terjadi pembuahan.
5. Bercak Darah
Terjadi pendarahan sedikit yang berwarna sedikit merah jambu yang berlangsung 1-2 hari. Hal ini diakibatkan karena benih pembuahan yang sedang menempel ke dinding rahim
6. Sensitif Terhadap Bau-Bauan
Disaat meningkatnya kadar esterogen di dalam tubuh, mengakibatkan Ibu hamil merasa mual, jika mencium bau-bauan tertentu, seperti bau masakan, dan aroma parfum.
7. Sering Kencing
Ibu hamil akan sering kebelet pipis di bulan-bulan pertama kehamilan. Ini terjadi karena meningkatnya cairan dalam tubuh dan kantong kencing yang tertekan akibat membesarnya uterus.
8. Suhu Tubuh Naik
Hormon kehamilan menyebabkan Ibu hamil meningkat suhu tubuhnya. Sang suami bisa Anda mintai tolong untuk memegang tubuh Anda, apakah suhu tubuh Anda terasa lebih hangat dari biasanya.

{ 2 komentar... Views All / Send Comment! }

cakoats mengatakan...

Gejala hamil memang wajib diketahui sejak dini, sebagai antisipasi untuk langkah selanjutnya. Terima kasih yah sudah sharing artikel bermanfaat mengenai tanda tanda kehamilan di atas. keep post Sob

nur aini mengatakan...

Saya udah test 3 kali dan hasil nya negativ :( sedih sekali ,, saya berhubungan sudah 3 mingguan , dan dii TP hasil negativ trus ,, apakah saya bisa hamil atau tidak

Poskan Komentar